top of page
  • Writer's pictureHarv Flo

Day 28: I Cried

Updated: Sep 30, 2018

Friday



I hate farewells. I cried today. I never really thought I would but I did. There was just so much love in this experience. SMK Muhammadiya 3 threw a Farewell party for me.


I had the pleasure of giving a farewell speech. I wrote it in English but delivered it in Bahasa. Of course, I had help from my Ibu Aulia and buddy, Poppy.


Check it out.

Sebelumnya, saya tidak ingin berpanjang lebar karna saya takut nanti saya akan menangis.

I would like to make this quick and short because if I make this too long I’m afraid I would cry.


Andai saja saya bisa mengatakan “terimakasih banyak” satu juta kali, saya akan lakukan . Saya tidak dapat memberi apa pun selain rasa terima kasih saya atas semua kebaikan yang ditunjukkan oleh para guru dan staff, murid murid juga teman teman PPL di SMK Muhammadyah 3.

If only I can say terimakasih banyak a million times, I will. I have nothing but gratitude for all the kindness the people in SMKM 3 have shown.


Saya minta maaf jika saya tidak dapat menyebutkan semuanya satu satu, tetapi ingatlah saya sangat bersyukur telah diberi kesempatan untuk bertemu anda semua.

I’m sorry if I can’t mention everyone but always remember I’m very thankful to have met each and every one of you.


Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Mungin karena telah menerima saya di SMKM 3.

First of all I’d like to thank Mr. Mungin for accepting me in SMKM 3.


Saya tidak pernah tahu bahwa saya akan sangat beruntung dapat ditempatkan di sekolah ini.

I never knew I would be so lucky to be deployed in this school.


Kepada Ibu Aulia , bukan hanya mentor saya tetapi juga ibu bagi saya. Dia adalah salah satu alasan mengapa saya akan merasa sangat rindu pada Indonesia.

To Mrs. Aulia, for not only being my mentor but also a mother to me. She is one of the reasons why I never felt homesick.


Beliau membuat saya merasa seperti bagian dari keluarga beliau, karna Ibu Aulia dan keluarga telah memperlakukan saya seperti anak sendiri.

She made me feel Family with the very kind gestures she and her family have given to me.


Kepada Mr. Rusdian yang meluangkan waktunya untuk menjemput saya dari asrama saya setiap hari.

To Mr. Rusdian for picking me up from my dorm every time.


Untuk menjadi seorang teman dan sahabat yang mau menemaniku kapanpun aku membutuhkannya.

For being my best and other buddy; accompanying me whenever I need him.


Bapak Rusdian, saya sangat bersyukur dan berterima kasih.

Mr. Rusdian I’m forever grateful.


Dan terima kasih kepada geng bapak Rusdian juga . pa Rachman , pa Agi , dan Pak Iwan.

And thanks to Mr. Rusdian’s squad too. Mr. Rachman, Mr. Agi, Mr. Iwan.


Juga untuk deretan para guru dan staff, terima kasih banyak karena telah memberikan sambutan hangat dan membuat saya merasa nyaman di berada di sekolah.

Also to the faculty, thank you so much for giving a warm welcome and making me feel comfortable in the office.


Untuk Ibu Lia, dan ibu Sali yang kemarin ikut pergi ke Mandi Angin .

To Ibu Lia, and Sali for joining in Mandi Angin.


Ibu Dina yang telah menyambut kami di Banjarbaru dengan Rawon yang sangat enak .

Ibu Dina for welcoming us in Banjarbaru and the very delicious Rawon.


Thika yang selalu membuatku tersenyum dan selalu berusaha berbicara denganku. Nanti ketika saya kembali lagi ke sini, saya akan ngomong kepada kamu dalam Bahasa Indonesia.

Thika for making me smile and for always trying to talk to me. One day when I come back I will speak to you in Bahasa.


Untuk Ibu Adtul yang mau meminjamkan mobilnya sehingga kita bisa pergi ke Pantai Asmara dan untuk hadiah dari beliau yang tak terduga. Saya merasa sangat senang dan sangat beruntung berada di sini di SMKM 3.

Ibu Adtul for sharing her car so we can go to Pantai Asmara and for the much unexpected gift. I feel so overwhelmed and really lucky to be here in SMKM 3.


Terima kasih kepada ibu ibudan bapak bapak di kantor

Thank you to the Ibus in the office.


Untuk teman teman PPL dari UIN saya tidak akan melupakan kalian, Tim Perpustakaan . Hyati , Henny, April, April, Pita, Rizki , Lupi , Toha , Halima, Hasni , Laili , Dewey, dan lain lain maaf jika saya tidak bisa menyebut semua orang.

I can never forget the trainees, the Library Team. Hyati, Henny, April, April, Pita, Rizki, Lupi, Toha, Halima, Hasni, Laili, Dewey, and the rest sorry if I can’t mention everyone.


Saya tidak pernah tahu ternyata berada didalam perpustakaan sangat menyenangkan

I never knew the library can be so fun.


Terima kasih telah membuat waktuku di sini lebih bahagia dan menyenangkan seperti tidak ada beban

Thank you for making my time here happier and lighter.


Saya akan merindukan kalian semua

I will miss each and every one.


Yang bergabung ke pantai kemarin, terima kasih telah membuat waktuku di sini mengesankan

The one’s who joined the beach, thank you for making my time here more memorable.


Saya sangat bahagia karna kulit kita jadi belang sehabis dari pantai

I’m really happy we all got dark together.


Saya sangat bersyukur bahkan jika kalian semua tidak menyukai rasa ayam Adobo yang saya buat saat kita pergi ke pantai, saya tahu bahwa memang rasanya tidak enak.

I’m so thankful even if you don’t like the Adobo I made you.


Juga para epe m siswa. Wanda, Rania dan Bayu dan yang Lain nya. Saya minta maaf jika saya tidak bisa menyebutkan semuanya.

To the student council. Wanda, Rania and Bayu and the rest. I’m sorry if I can’t mention all.


Terima kasih telah menyambut saya dan membiarkan saya bergabung dengan komite selama Hari Kemerdekaan tujuh belas agustus.

Thank you for welcoming me and letting me join the committee during the Independence Day.


Dan Tentu saja terimakasih kepada para siswa SMKM 3 . Terima kasih atas senyuman tak berujung yang kalian semua berikan kepada bapak setiap kali bapak lewat berpapasan dengan kalian

Of course the students of SMKM 3. Thank you for the unending smiles you give me every time I pass by each and every one of you.


Terima kasih karena kalian telah melakukan yang terbaik juga berpartisipasi dan dengan seksama mendengarkan saya ketika saya mengajar.

Thank you for your doing your best in participating and listening when I was teaching.


Ini bukan selamat tinggal.

This is not goodbye.


Saya berharap dapat berjumpa lagi suatu hari nanti.

I hope to see all of you someday.


Saya benar-benar bersyukur atas pengalaman yang luar biasa ini

I’m truly blessed for this experience


Sekali lagi terimakasih banyak semuanya, saya saying kalian semua.

Thank you very much and I love you all.


Word of the Day: Menangis - Cry

I can not stop meng-menangis.

8 views0 comments

Recent Posts

See All

Day 30: Goodbyes

Sunday I do not know how exactly I would describe my last day here in this city. So here's my "Word of the Day": "sampai Jumpa" - see you. SMK Muhammadiya 3, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

bottom of page